Kamis, 25 Februari 2010

Bermain dalam Badminton Double


Sudah lama juga ingin menuliskan tentang olahraga kegemaran saya yaitu di Badminton di blog ini. Sebagai pecinta badminton dan pemerhati mengenai bagaimana cara-cara agar bisa bermain badminton dengan baik, mungkin dengan menuliskanya akan bisa sedikit berguna baik bagi sendiri maupun orang lain. Sekarang saya bermain badminton lebih cenderung sering double daripada single, kalau dulu waktu masih remaja mungkin sering bermain single. Hal ini dikarenakan bermain saat ini lebih ditujukan untuk menjaga kesehatan, rekreasi dan silaturahmi, bukan untuk prestasi :D. Tapi meskipun tidak bertujuan untuk prestasi, saya sangat senang dalam mengamati, mencari tahu dan sedikit berlatih untuk dapat bermain badminton dengan baik dan benar. Dengan bermain sesuai dengan teknis yang benar maka permainan juga bisa optimal, badan terasa enak untuk bergerak, lincah dan yang paling utama adalah kemungkinan terhindar dari cedera menjadi lebih besar. Berhubung sekarang bermain badminton hanya double otomatis saya harus mengetahui bagaimana bisa bermain double yang benar dan mungkin hanya menuliskan sebatas permainan double :D. 
Bermain double sangatlah berbeda dengan bermain single. Dalam bermain double hal yang perlu diperhatikan adalah, kita bermain sebagai satu tim, bukan bermain individu. Sebuah pasangan double yang bagus akan dapat saling mengisi(menutup) setiap celah yang ditinggalkan atau timbul akibat gerakan yang dilakukan oleh rekanya. Untuk dapat bisa saling menutup diperlukan sebuah saling mengerti, baik itu mengerti kemampuan rekan dan kemampuan lawan, tapi yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah kemampuan dari rekan kita dan diri kita. Apabila kita mengetahui kemampuan diri maka otomatis akan menjaga dan menempatkan posisi untuk tidak diserang dari sisi kelemahan atau kesalahan dari kelemahan, tapi hal ini harus segera dikurangi dengan belajar dan berlatih. Sedangkan apabila rekan kita mempunyai beberapa kelemahan yang mungkin kita ketahui maka kita pun dapat mengantisipasi celah yang mungkin terjadi dan berusaha untuk menutupnya. 
Disamping saling menutup satu yang tidak kalah penting adalah bagaimana untuk dapat mengetahui kelemahan lawan dan menciptakan peluang untuk menyerang. Sering terlihat pada permainan di tempat-tempat umum, terdapat seorang yang bermain sangat bagus tapi dia selalu kalah padahal pasanganya tidaklah jelek-jelek amat. Hal inilah yang biasanya sering terjadi, yaitu si pemain yang tidak bisa menciptakan peluang untuk mengetahui kelemahan lawan, jadi pemain hanya sibuk bermain asal mukul bagus saja, padahal dia jarang sekali diberi bola oleh musuh, karena dia pemain yang bagus. DIsinilah pemain yang bagus harus berpikir, bagaimana dia bisa membuat posisi bola untuk dapat menyerang meski secara tidak langsung bukan dia yang menyerang, bisa memanfaatkan rekan untuk menyerang. Membuat posisi bola disini yaitu, bagaimana bola dibuat dengan sulit bagi lawan dan diharapkan lawan memberikan bola yang tidak sempurna atau sehingga memudahkan rekan untuk melakukan smash atau membunuh sehingga mendapatkan point. Bola sulit bisa dilakukan dengan cara memberikan bola ditempat-tempat jauh jauh dari jangkauan kedua pemain lawan, bola-bola posisi diantara kedua pemain yang bisa menimbulkan keraguan dari kedua pasangan lawan, bola-bola cepat kearah badan pemain , atau sekali-kali apabila mempunyai kemampuan trik bisa menggunakan sedikit trik shot yang mengecoh pemain lawan dan sebagainya.
Sekian dulu sedikit gambaran bermain badminton double dari saya yang selalu mencoba belajar dan mengamati permainan badminton ...bagi para ahli yang berkunjung mohon masukkan dan koreksi....:D

5 komentar:

fahmi mengatakan...

thx infonya...nambah pengetahuan ,,

http://banking.blog.gunadarma.ac.id

priyo mengatakan...

sama-sama

Abdul Azis mengatakan...

makasih pak atas trik nya,,
saya juga suka badminthn tp mash kurang faham betul tekhniknya,,

Rizki Nu'aink mengatakan...

mantap pak tips'a..
mkin kren aja ni nepok'a..
http://badminton4eper.blogspot.com

priyo mengatakan...

terima kasih semua, mohon saran dan masukkan, apabila ada yang lebih baik

Poskan Komentar